Aplikasi booking transportasi asal Malaysia, Grab hari ini mengumumkan bahwa mereka telah melakukan kerja sama strategis dengan Lippo Group. Salah satu konglomerat di Indonesia ini dikenal sebagai pemilik sejumlah ritel, mal, dan rumah sakit ternama yang tersebar di kota-kota besar di tanah air.
Melalui press release yang Tech in Asia terima, Lippo Group berencana akan memanfaatkan “keahlian transportasi dan pengiriman” milik Grab. Artinya Lippo akan memanfaatkan jaringan transportasi milik Grab untuk mendukung situs e-commerce miliknya, MatahariMall.
Hubungan antara Grab dan Lippo Group ini bukanlah kali pertama yang dilakukan. Karena berdasarkan laporan rekan kami, Lippo Group ternyata merupakan salah satu investor awal dari Grab.
John Riady selaku direktur dari Lippo Group mengatakan bahwa Venturra Capital—modal ventura milik Lippo Group—memiliki sejumlah saham di Grab.
Di Asia Tenggara, layanan GrabTaxi merupakan saingan berat dari aplikasi booking mobil asal AS, UBER. Sedangkan di Indonesia, GrabBike bersaing ketat dengan aplikasi booking khusus roda dua GO-JEK.
Masih di press release yang sama, pihak Grab juga mengungkapkan beberapa prestasi yang telah dan akan dicapai pada tahun ini.
Pertama, Grab mengklaim bahwa layanan GrabTaxi mereka telah berhasil menguasai 50 persen pasar layanan booking transportasi roda empat di Indonesia. Hal itu mengindikasi bahwa Grab telah melebihi jumlah booking transportasi yang diperoleh Uber di Indonesia. Prestasi tersebut sudah berhasil mereka capai pada akhir 2015 lalu.
Kedua, Grab mengklaim bahwa pada akhir bulan ini mereka akan memiliki 50 persen pasar layanan booking taksi roda dua di Indonesia. Hal ini mengindikasi bahwa GrabBike mendapat keuntungan dari kepopuleran GO-JEK
Dikutip : Techinasia