Berita Terbaru

Mobile

Marketing

Internet

Tulungin, Tawarkan Bantuan Pencarian Tukang Servis Terpercaya

Mencari tukang servis berkualitas memang tidak selalu mudah. Salah satu layanan yang bisa kamu coba adalah Tulungin, platform ini akan mengirimkan teknisi ke rumah pelanggan yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki AC, kulkas, pipa, dan listrik yang rusak atau bermasalah.

“Tulungin dibuat untuk memudahkan kehidupan sehari-hari orang-orang yang sulit mencari tukang yang jujur, terpercaya, dan berkualitas”, ungkap Calvin Ng Tjioe, Co-Founder Tulungin kepada Tech in Asia.

Ide pembuatan platform ini dimulai oleh Calvin bersama Fandi Setiawan (CEO) dan Nathan Harry (CMO). Namun sekarang tim Tulungin bertambah dua orang lagi, yaitu Lorens Basuki (Design) dan Yosef Samuel (Technical).

Meski belum resmi diluncurkan, platform yang masih dalam versi Beta ini sudah bisa diakses secara terbatas. Calvin mengklaim total member yang sudah bergabung sampai saat ini baru mencapai 30 orang. Meski begitu, Tulungin juga sudah merilis aplikasi Android, namun masih sebatas hanya untuk testing internal.

“Sekarang kami masih private testing, jadi hanya dari kalangan orang-orang terdekat dulu”, jelas Calvin. Ia menambahkan, pelayanan yang tersedia untuk saat ini pun baru untuk memperbaiki AC saja.

Fitur sederhana yang ditawarkan oleh Tulungin adalah kemudahan untuk melakukan pemesanan. Mudah karena pemesananan disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal. Dengan begitu, Tulungin dapat memberikan respon cepat, baik itu saat servis pertama kali maupun jadwal servis selanjutnya.

Tarif untuk cuci AC sebesar Rp50.000, jasa service AC Rp100.000, dan instalasi AC dikenakan Rp250.000. Harga tersebut belum termasuk suku cadang AC yang digunakan pelanggan.


Dengan menjanjikan jaminan keamanan dan teknisi berkualitas, Tulungin menemukan tantangan dalam melakukan kerja sama dengan Penulung, yaitu para tukang yang menjadi mitra mereka. Karena tentunya mereka tidak bisa sembarangan menerima siapa saja. Hanya mereka yang terbukti berkualitas dan jujur saja yang bisa menjadi mitra. Calvin menuturkan,

"Kami juga harus menyamakan standar semua Penulung, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan."

Sedangkan tantangan yang dihadapi oleh Tulungin dalam akuisisi pelanggan adalah merubah kebiasaan pelangan yang biasanya memesan teknisi tidak melalui internet dan meyakinkan pelanggan bahwa Penulung yang disediakan Tulungin berkualitas.

Jika nanti saat meluncur Tulungin baru melayani reparasi AC, kulkas, pipa, dan listrik saja, platform ini berencana memperluas ke layanan lainnya. Namun, sebelum itu, mereka mengaku akan melakukan validasi pasarnya terlebih dahulu.

Tulungin bukan startup pertama yang bermain pada kategori ini. Beberapa situs yang sudah lebih dulu menyediakan layanan serupa adalah Carijasa dan Seekmi.

Dikutip : Techinasia
 
Copyright © 2013 Info Teknologi