Berita Terbaru

Mobile

Marketing

Internet

Raspberry Pi Zero Seharga 60 Ribu

PC Raspberry Pi Zero
Sehari setelah dirilis, PC Raspberry Pi Zero sudah habis diborong pembeli. Jumlah unit yang laku terjual tersebut berkisar di angka 20 ribu unit, termasuk Raspi Zero yang dijadikan bonus majalah MagPi.

Wajar saja jika PC mini itu laris manis, Raspi Zero dibandrol dengan harga yang sangat murah, hanya USD 5 atau sekitar Rp 68 ribu (USD 1 = Rp 13.700). Apalagi speknya tak berbeda jauh dengan Raspberry Pi lain yang dibandrol dengan harga jauh lebih mahal -- sekitar USD 25.

"Saat ini sepertinya kami sudah menjual setiap (Raspberry Pi) Zero yang kami buat (sekitar 20 ribu unit) dan sekitar 10 ribu unit yang disertakan di majalah MagPi," ujar Eben Upton, pendiri Raspberry Pi Foundation, dikutip dari Wired, Sabtu (28/11/2015).

"Mungkin anda menganggap kami sudah terbiasa dengan hal ini, namun kami masih selalu kaget dengan minat orang terhadap produk baru Raspberry Pi," lanjutnya.

Tingginya minat pembeli Raspi Zero ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah pihak, dengan menjual majalah MagPi di eBay. Saat ini, tawaran tertinggi untuk majalah dengan bonus Raspi Zero tersebut berada di angka 31 poundsterling. Majalah tersebut sejatinya dijual dengan harga 6 poundsterling.

Spesifikasi Raspi Zero antara lain adalah prosesor berkecepatan 1 GHz, RAM-nya 512 MB, slot microSD, port mini HDMI, serta dua port micro USB -- satu untuk power satu untuk data.

SoC-nya serupa dengan Raspberry Pi 1, yaitu Broadcom BCM2835 ARM11 core 1 GHz. Namun pembuatnya mengklaim SoC ini 40% lebih kencang ketimbang yang dipakai di Raspi generasi awal itu.

Selain itu, ada juga 40 pin GPIO seperti yang ditemukan di Raspi model A+, B+, dan 2B. Termasuk sebuah header untuk colokan RCA composite video out. PC ini menjalankan OS Raspbian dan bisa menjalankan berbagai aplikasi layaknya Raspi lain, seperti Scratch, Minecraft, dan Sonic Pi.

dikutip dari : Wired & Detikinet
 
Copyright © 2013 Info Teknologi