Sebagai seorang marketer, Anda pasti sudah tahu mengapa sebuah blog mutlak harus dimiliki. Lantas, bagaimana cara kita meningkatkan traffic blog?
Berikut cara mudah meningkatkan traffic blog yang bisa Anda lakukan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke blog:
Mulai dengan SEO
Jika Anda memiliki daftar kata kunci, pastikan siapa pun yang bertanggung jawab menulis posting blog memiliki akses ke sana, termasuk referensi daftar judul, bagian judul, link, dan lainnya.
Aktifkan sharing sosial
Apakah Anda memudahkan pengunjung blog berbagi posting di media sosial? Apakah widget berbagi ke media sosial ditempatkan secara mencolok dan mudah ditemukan?
Sertakan juga widget sharing di laman ringkasan blog, karena banyak orang yang berbagi berdasarkan berita utama – bahkan jika mereka tidak sampai selesai membaca.
Menulislah berdasarkan perspektif target pembaca
Memang tidak mudah tapi tidak ada yang tidak mungkin. Berikut cara mudah untuk melakukannya: tulislah sesuatu yang membantu perspektif sasaran pembaca dan juga apa yang membantu Anda.
Dapatkan pelanggan blog
Fokuslah untuk mendapatkan pelanggan blog. Seiring waktu, sumber traffic yang paling dapat diandalkan adalah orang-orang yang mendaftar untuk menerima update blog melalui email. Email masih mengalahkan media sosial untuk mendorong pengunjung datang ke blog.
Jadi, buatlah email subscriptions, atau kenapa tidak membuat pop-up berlangganan selama 20-30 detik untuk mendorong pengunjung berlangganan?
Manfaatkan channel media sosial
Jika tim Anda men-tweet sesuatu tentang perusahaan, teruskan tweet tersebut melalui Twitter, LinkedIn, Facebook, dan media sosial lainnya. Buatlah serangkaian update status dan tweet untuk setiap posting blog dan promosikan setiap harinya.
Promosikan blog di situs
Jangan memperlakukan blog sebagai anak tiri dan membuat orang sulit menemukannya. Sebaliknya, blog harus jelas terdaftar dan mudah diakses dari navigasi situs utama.
Sertakan posting blog ke upaya email marketing
Apakah email marketing yang dikirimkan ke pelanggan, prospek dan mitra menyertakan posting blog terbaru? Jika belum, sudah saatnya untuk memulai.
Promosikan dalam komunitas dan forum yang relevan
Grup LinkedIn adalah tempat yang tepat untuk menampilkan posting pemikiran kepemimpinan Anda. Sebagian besar industri juga memiliki komunitas dan forum lain yang mencapai target audiens Anda. Pastikan berbagi posting blog terbaru dalam forum dan komunitas yang diikuti prospek Anda.
Undang karyawan untuk berbagi
Jika perusahaan mem-posting tulisan berkualitas, kenapa tidak ada karyawan yang ingin membaca dan berbagi di Twitter dan LinkedIn mereka? Bayangkan, jika 10% dari karyawan membantu mempromosikan blog perusahaan, itu bisa menghasilkan banyak traffic bukan?